Joomla Slide Menu by DART Creations

DIRLANTAS JAMBI

Komisaris Besar Polisi

Didik Mulyanto, S.H, S.Ik

POLISI LALU LINTAS

 

DIRGAHAYU RI

 

SMS RANMOR Ke 3767

CALL TMC

Ditlantas Polda Jambi Jaring Ratusan Motor dalam Operasi Patuh PDF Cetak

Sekitar 500 unit kendaraan bermotor roda dua terparkir rapi di depan gedung Traffic Management Center (TMC) Polda Jambi di Talangbanjar, Kota Jambi. Kendaraan ini bukanlah kendaraan milik petugas Polisi atau masyarakat yang ingin mengurus surat-surat kendaraan, namun kendaraan hasil Operasi Patuh 2017 lalu.

“Ini adalah motor-motor hasil penindakan razia selama 14 hari dari tanggal 14 hingga 22 Mei lalu. Ada sekitar 500 kendaraan yang terjaring petugas,” kata Dirlantas Polda Jambi AKBP Didik Mulyanto, Rabu 24 Mei 2017.

Disamping tidak dilengkapi surat-surat kendaraan juga banyak atribut motor sudah diganti dengan tidak standar.

Lihat saja, sambungnya, banyak motor yang bagus-bagus tidak dilengkapi spion, knalpot yang standar dan tidak menggunakan helm.

“Pemilik kendaraan itu aneh. Kalau beli motor selalu minta helm gratis, tapi tidak pernah digunakan saat mengendarai motor,” ujarnya.

Lucunya lagi yang ditemukan Dirlantas saat menggelar razia banyak pengendara motor yang tidak mau menggunakan spion standar yang sudah ada dari motornya.

“Alasannya kayak motor lagi berdoa, terus ditukar dengan yang asesoris. Padahal dengan berdoa urusan kita bisa lancar dan selamat,” tutur Didik.

Dia berharap masyarakat semakin sadar berkendaraan, karena itu semua demi keselamatan masyarakat sendiri.

“Bagi yang ingin mengambil motor yang kena tilang petugas, selain pemilik motor harus membayar tilang di bank dia juga harus melengkapi perlengkapan motornya baru bisa diambil,” tegasnya.

Misalnya, lanjut Didik, bila tilangnya sudah dibayar namun spion atau knalpot yang tidak standar tidak diganti yang standar, pemilik motor tidak boleh mengambil motornya.

“Tidak dipungut biaya. Mereka cukup membayar tilang dan menukar perlengkapan motornya dengan yang standar. Tinggal bawa motor miliknya,” tukasnya.

Catatan Ditlantas Polda Jambi selama 14 hari giat Operasi Patuh 2017 meningkat dari tahun 2016. Tilang tahun 2016 berjumlah 5.287 sedang tahun 2017 meningkat menjadi 9.131.

Untuk teguran tahun 2016 hanya 437 sedangkan tahun ini naik menjadi 505. Sementara yang meninggal dunia (MD) sebanyak 10 orang.

“Kecelakaan lalu lintas selalu diawali pelanggaran lalulintas. Keselamatan berlalu lintas bukan untuk polisi saja tapi masyarakat. Jadilah pelopor keselamatan berlalulintas,” pungkas Didik didampingi Wadirlantas Polda Jambi AKBP Sarif.

Bagi Syarif, Operasi Patuh ini berhasil karena penegakan hukumnya tegas, “coba lemah bisa banyak korban lalulintas.”

 

Dia berharap peran media untuk bisa mensosialisasikan pentingnya berkendaraan yang baik demi keselamatan

.

copy by http://www.inilahjambi.com/ditlantas-polda-jambi-jaring-ratusan-motor-dalam-operasi-patuh/

 

SAMSAT KELILING


WAKTU HARI TEMPAT
01 s/d 15 FEB 2018, 08.00-12.00 WIB SENIN s/d JUMAT DEPAN KANTOR CAMAT PALMERAH

GERAI SIM


WAKTU HARI TEMPAT
1 s/d 28 FEB 2018 08.00-13.00 WIB SENIN s/d SABTU MALL WTC BATANGHARI & JAMTOS