Joomla Slide Menu by DART Creations

DIRLANTAS JAMBI

Komisaris Besar Polisi

Didik Mulyanto, S.H, S.Ik

POLISI LALU LINTAS

 

DIRGAHAYU RI

 

SMS RANMOR Ke 3767

CALL TMC

Dirgahayu Polisi ke-64 PDF Cetak

Selamat !!!

Demikian beberapa ucapan yang disampaikan oleh masyarakat kepada institusi Polri apabila berhasil mengungkap suatu kasus besar yang menjadi perhatian masyarakat, tetapi mereka tidak tahu bagaimana upaya dan usaha yang telah dilakukan dalam pengungkapan kasus tersebut. Sebagaimana baru saja kita menghadapi bersama pelaksanaan HUT Bhayangkara ke 64 (1 Juli 2010), kembali ucapan selamat diucapkan sebagai rasa perhatian dan simpati masyarakat kepada institusi Polri.

Diantara pekerjaan-pekerjaan penegakan hukum, pekerjaan kepolisian adalah yang paling menarik, karena didalamnya banyak dijumpai keterlibatan manusia sebagai pengambil keputusan. Pekerjaan polisi adalah pekerjaan menegakkan hukum in optima forma. Polisi pada hakekatnya dapat dilihat sebagai hukum yang hidup, karena ditangan polisi tersebut hukum hukum mengawali perwujudannya. Melalui Polisi janji-janji dan tujuan-tujuan hukum untuk mengamankan serta melindungi masyarakat menjadi kenyataan.(Siginjai edisi 07 Tahun XII Juli 2010)

 

Perkembangan dalam dunia atau institusi kepolisian mengikuti arus besar perkembangan peradaban manusia sebagaimana dsisebutkan diatas. Polisi dalam menjalankan pekerjaannya pada awalnya bertumpu pada penggunaan kekuatan kekerasan perlahan-lahan akhirnya juga menemukan gayanya yang khas polisi (polisi proper). Secara uniserval, tugas polisi ada dua yaitu menegakkan hukum dan memelihara keamanan serta ketertiaban umum. Tugas yang pertama mengandung pengertian represif, sedangkan yang kedua mengandung pengertian preventif.

Pakar Kepolisian Inggris Charles Reith mengatakan kepolisian sering menjadi “sejarah Buta ( The Blind Eye of History)” karena kurang perhatian dan tidakada yang menulis secara seksama tentang perkembangan kepolisian di suatu Negara. Dalam kebutaan sejarah tersebut boleh juga dikatakan bahwa Kepolisian Negara Indonesia juga berada di wilayah gelap, dlam arti belum dimengerti benar apa, mengapa dan bagaimana sejarah kepolisian di Negara Indonesia lahir, serta bagaimana sejarah terbentuknya beberapa peraturan perundang-undangan tentang Kepolisian di Negara Indonesia. Polisi mempunyai sejarah yang cukup panjang, karena kepolisian tidak dapat lepas dari sejarah masyarakatnya sendiri. Kalau ketertiban dan ketaraturan merupakan syarat-syarat utama untuk mempertahankan kelangsungan hidup suatu masyarakat, maka pekerjaan Kepolisian sebetulnya sudah melekat pada syarat-syarat tersebut.

 

 

SAMSAT KELILING


WAKTU HARI TEMPAT
01 s/d 15 FEB 2018, 08.00-12.00 WIB SENIN s/d JUMAT DEPAN KANTOR CAMAT PALMERAH

GERAI SIM


WAKTU HARI TEMPAT
1 s/d 28 FEB 2018 08.00-13.00 WIB SENIN s/d SABTU MALL WTC BATANGHARI & JAMTOS